Kamis, 11 September 2014

Sejarah Musik POP di Indonesia

Walaupun asal muasal musik pop dari Amerikat Serikat, Indonesia pun mendapat pengaruh dari penyebaran musik pop di dunia. Musik pop Mulai berkembang di indonesia pada tahun 1960-an atau sejak munculnya The Beatles,derngan banyaknya penggemar di kalangan muda atau remaja. Group musik yang membawa sejarah musik pop di Indonesia yaitu Koes Plus.

Group musik ini terkenal sekitar tahun1970-an, puluhan higga ratusan lagu pop di ciptakan dengan berbagai versi yang berbeda mulai dari irama melayu, pop jawa, dangdut, pop anak-anak, lagu berbahasa inggris,keroncong, folk song, dan hard beat. Kesederhanaan dalam lirik, musik, dan melodi sangat di tonjolkan dalam karya-karyanya.

Mereka jugalah yang mempelopori musik pop dan rock n roll sehingga pernah di penjara karena musiknya mewakili aliran politik kapitalis. Sebenarnya ketenaran nama Koes Plus itu di awali dengan Koes Bersaudara. Di ganti dengan nam Koes Plus itu di karenakan satu anggota keluarga Koes yaitu Nomo Koeswoyo keluar sehingga digantikan denga orang luar. satu hal yang disayangkan yaitu keharmonisan Koes Bersaudara lebih bagus dari pada Koes Plus.

Group lain yang seangkatan dengan Koes Plus pun mau tidak mau juga berkiblat kepadanya seperti Panbers, D'Lloyd, Favourites, dan Mercy's. Jika di bandingkan dengan musisi pop luar negeri seperti The Beatles, Koes Plus tidak kalah populer dengannya.

Sejarah musik pop di Indonesia juga membedakan jenis alirannya berdasarkan usia, ada musik pop anak-anak dan musik pop dewasa. syair yang lebih pendek dengan bentuk yang lebih sederhana merupakan gambaran dari musik pop anak-anak, temanya pun tidak jauh dari hal-hal mendidik seperti sekolah, mencintai tanh air, mencintai orang tua dan tuhan. Sedangkan musik pop dewasa mengusung tema yang bervariasi seperti percintaan, kehidupan remaja, dan kritik sosial.

Musisi pop Indonesia yang terkenal ialah Titiek Puspa, Chirsye, Melly Goeslaw, Katon Bagaskara, Ari Lasso, dan masih banyak lagi. Band dengan peralatan modern merupakan sebutan untuk grup musik aliran pop. alat musik yang biasa di pakai antara lain Gitar, Rhythm, Drum, Bass, Gitar Melody, dan Piano.
Ritme bebas dengan dominasi permainan Gitar dan Drum merupakan salah satu ciri musik pop. Grup-grup band di Indonesia mulai bermunculan seperti Gigi, Sheila on 7, Peterpan, Ada Band, dan lain-lain, menjamurnya musik pop ini memberikan manfaat positive buat anak-anak bangsa untuk berkreasi.
Coba saja ingat-ingat betapa grup musik seperti Dewa, slank, Padi, Rif, Cokelat, Jikustik menjadi tuan rumah bagi musik pop di negeri sendiri. Grup band aliran pop yang ada sekarang ini di harapkan mampu membuat lembaran sejarah musik pop baru untuk generasi mendatang.Sehingga aliran musik pop tetap ada sampai kapan pun yang tentu saja tetap mengutamakan kualitas dalam setiap karyanya.
Cukup Sekian postingan ane pada soren ini semoga bermanfaat buat agan-agan sekalian,

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.