Kamis, 11 September 2014

Perkembangan Antivirus

Apa itu antivirus? Antivirus merupakan sebuah program atau perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer pada suatu sitem komputer.
Perkembangan Antivirus
Walau virus telah muncul sejak tahun 1970-an, namun antivirus baru mulai muncul sejak tahun 1988. Pada saat itu antivirus hanya mampu mengatasi virus Brain yang pada saat itu mengganggu dan menjangkit sistem operasi MS Dos. Perkembangan antivirus pada saat itu terbilang cukup lama, karena virus komputer muncul dan berkembang sangat cepat.

Antivirus di dunia telah berkembang dengan beberapa tahapan. Pada tahap pertama cara kerja antivirus berupa penangganan dengan scanning untuk menemukan keberadaan sebuah virus. Pada tahapan ke dua cara kerja antivirus masih sama, yaitu denagn metode scanning namun lebih maju dari tahap pertama. Tahapan ketiga antivirus mulai bekerja dengan membuata activity trap atau jebakan aktifitas. Pada tahapan ke tiga ini antivirus mulai diinstal didalam memory, namun tetap saja masih belum bisa menangani struktur program yang terkena virus. Pada tahapan keempat antivirus mulai memiliki proteksi yang lengkap, dari scanning hingga pembuaatan activity trap yang dijalankan secara bersamaan.

Sekarang untuk mendapatkan sebuah antivirus sangat mudah, karena beberapa perusahaan pembuat software telah banyak menyediakan antivirus-antivirus gratisan bagi pengguna komputer yang tidak ingin mengluarkan uang mereka. Namun bila di bandingkan dengan antivirus berbayar, antivirus gratisan di rasa belum cukup, karena antivirus gratisan tidak akan bekerja dengan optimal.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.